Jumat, 30 Oktober 2015, 01.25 WIB

Akibat Kegagalan usaha menjadi alasan terjadinya tindak pidana korupsi Rp3.661.402.819,- pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Palangka Raya, Senin (12/10/2015). “Usaha saya bangkrut pak,”ucap peternak ayam Dadang Wahyudi yang merupakan salah satu dari 4 terdakwa korupsi BRI Unit Ampah Kabupaten Barito Timur.

Padahal sebagian dana untuk modal pengembangan usaha peternakan ayam ini dengan upaya mengakali sistem kredit perbankan. Dengan modus perjanjian kerjasama, 106 warga menyerahkan identitas diri dan jaminan berupa sertifikat tanah atau usaha kepada Dadang dan istrinya, Etiana.

Namun secara diam-diam, jaminan dan identitas warga justru digelapkan sebagai syarat dan jaminan pengajuan kredit pada BRI Unit Ampah. Menurut Dadang, uang miliaran telah ludes dan dia hanya punya sekitar Rp1 miliar untuk menutup sebagian kecil piutang kreditur. Bahkan Kepala Unit BRI Ampah, Sudarmin dan Mantri, Samsu Rizal turut menginvestasikan uang mereka kedalam usaha Dadang. Namun Dadang mengakui adanya tindakan tidak terpuji yakni membagi upah kepada Sudarmin dan Samsu Rizal dari tiap pencairan dana kredit Rp1,5 juta dari masing-masing 106 warga yang mereka jadikan nasabah secara tidak prosedural. Sebelum sempat mengembalikan dana kredit milik warga, BRI melakukan audit internal dan menemukan kejanggalan lalu melaporkan kejadian ini pada pihak kepolisian.

Pua Hardinata selaku Penasehat Hukum Terdakwa Sudarmin mendapat kesempatan dengan mengejar data tentang dana Rp250 juta yang disetorkan dalam usaha peternakan ayam Dadang. Upaya ini untuk menunjukan bahwa sebenarnya Sudarmin sekalipun turut menjadi korban selain 106 warga yang disebutkan Jaksa. Sudarmin dan Samsu Rizal membantah menerima bagian dari potongan dana pencairan kredit milik warga. “Saya tidak pernah minta imbalan jasa dan tidak pernah memotong realisasi dana,”kata Sudarmin. Bahkan dia memohon agar Dadang dan Etiana mengembalikan investasi sekaligus pembagian keuntungan yang menjadi haknya. “Saya sudah tidak ada pekerjaan lagi dan harus menafkahi anak istri saya,”ucap Sudarmin memelas. (TKPK.019)

Baca juga
 
Komentar
 
 Name
 Email
 Message  
 
Ketik Kode: 
  

http://tabloidkpk.com/uploaded/COV-Edisi%2043%20JULI'15-%20Acc1.jpg